SISTEM KERJA DI KAPAL PESIAR

Wednesday, 2 October 2013

Gambaran Singkat Tentang Sistem Kerja di Kapal Pesiar
  
 Ketika kita menyebut nama kapal pesiar, yang terbersit dalam benak mereka yang belum pernah bekerja di kapal pesiar adalah “keliling dunia”. Sering sekali orang – orang di sekeliling saya mengatakan kepada saya “wah enak ya bisa keliling dunia”.  Mungkin dalam benak mereka kita bisa leluasa setiap saat jalan – jalan ke tempat yang kita inginkan ketika kapal sedang berlabuh. Perlu saya tegaskan di sini khususnya bagi anda yang ada niat untuk bekerja di kapal pesiar, bahwa kita di kapal adalah sebagai pekerja bukan wisatawan. Dan perlu diketahui juga kalau system kerja di kapal pesiar berbeda dengan system kerja di hotel darat.

Ini sebagai gambaran supaya anda tidak tersesat oleh informasi – informasi yang tidak jelas. Di kapal tidak ada istilah libur, kita bekerja 7 hari seminggu. Jam kerja perhari rata – rata antara 10 jam sampai 12 jam dengan system split. Saya contohkan salah satu jam kerja dan mungkin berbeda dari masing – masing perusahaan (hanya sebagai simulasi)
07.00 – 10.00 (kerja )
10.00 – 10.15 (istirahat untuk coffee break)
10.15 – 12.00 (kerja)
12.00 – 13.00 ( istirahat untuk makan siang )
13.00 – 14.30 (kerja)
14.30 – 17.30 (istirahat siang)
17.30 – 22.00 (kerja)
22.00 (off duty)


Coba kita lihat contoh jam kerja di atas, jadi waktu kita untuk bisa jalan – jalan sangatlah singkat hanya dengan memanfaatka jam istirahat siang, dengan konsekwensi kita tidak bisa istirahat siang. Itu kalo diasumsikan kapal berlabuh sampai jam 6 sore. Bagaimana kalau kapal hanya berlabuh sampai jam 1 siang misalnya, tentu tidak ada waktu buat kita. Oleh karena itu tips dari saya sebelum anda bekerja di kapal pesiar, anda harus menyadari kalau kita adalah pekerja bukan wisatawan.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. KURSUS IMBIA JOGJA - All Rights Reserved