Macam Jenis Software Pada Komputer

Sunday 13 October 2019


Macam Jenis Sofware Pada Komputer
1. Freeware
Yaitu sebuah perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa adanya batas waktu, pada umumnya freeware ini disumbangkan kepada beberapa komunitas, tetapi freeware juga memiliki hak pengembang dan pengontrol dalam pengembangan pada aplikasi selanjutnya. Namun jika aplikasi pengembang berhenti mengembangkan produk kepada freeware lain ataupun mengumumkan freeware tersebut agar dapat dikembangkan bersama-sama, maka freeware akan memberi kode sumbernya .
2. Shareware
Merupakan suatu perangkat lunak yang uji cobanya diberikan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas seperti misalnya ketersediaan, fungsinya, serta kenyamanan yang sayangnya tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Perangkat lunak uji coba ini bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut sebagai strategi marketing dalam pengembangan aplikasi shareware itu sendiri. Shareware ini sering disebut juga trialware.
3. Firmware
Yaitu sebuah perangkat lunak yang letaknya berada pada ROM (Read Only Memory). Firmware ini tidak dapat berubah walaupun sudah tidak dialiri oleh listrik, dan tempat penyimpanannya pun tidak dapat diubah di ROM namun tetap bisa dimodifikasi tergantung dari jenis ROMnya seperti EEPROM atau flashROM. Semua itu masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhannya.
4. Commercial software
Yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada para pengembang software, pendistribusi dan kepada rekan-rekan sesama pengembang software. Tetapi syaratnya, pengguna software ini tidak dapat menyebarluaskan software tersebut atau membagi ulang softwarenya kepada pihak lain secara gratis atau tanpa izin penerbitnya. Beberapa contoh commercial software adalah adobe photoshop, corel draw, microsoft visual NET, dan sebagainya. Commercial software tersebut sudah dlindungi oleh Undang-Undang hak cipta.
5. Free software
Adalah jenis perangkat lunak yang dapat diutak atik dengan bebas dan dapat digunakan, disalin, diubah serta dimodifikasi dengan beberapa ketentuan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna selanjutnya. Setiap orang yang menggunakan perangkat lunak ini secara bebas dapat mengkomersialkan serta mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya. Selain itu, software ini juga dapat disebarluaskan secara gratis.
6. Open source software
Merupakan perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dipelajari, diubah, ditingkatkan, dan juga disebarluaskan. Karena sifat software yang satu ini terbuka, sehingga pengembangan yang dilakukan oleh suatu komunitas atau kelompok terbuka dapat mengembangkan perangkat lunak dengan sumber terbuka.
7. Malware
Malware adalah Salah satu perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem pada komputer dan jejaring komputer tetapi tanpa izin dari pemiliknya. Kata lain dari malware ini adalah virus komputer, jenis-jenis perangkat yang terdapat pada virus komputer ini yaitu kuda troya, perangkat iklan, cacing komputer, rootkit, dan perangkat lunak jahat lainnya.



LKP IMBIA
Menyelenggarakan Kursus Komputer  KLASIKAL /PRIVAT
  DESAIN GRAFIS
  TEKNISI KOMPUTER DAN LAPTOP
  DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM
  APLIKASI PERKANTORAN

SEGERA DATANG atau  HUBUNGI KAMI :
Jl. . Godean KM 7,5 Perum Munggur 3 No 11, Bantulan Godean Sleman.
089506388946 (WA)
085729848271 WA)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. KURSUS JOGJA IMBIA - All Rights Reserved