Penggunaan Komputer Dalam Pendidikan

Sunday, 6 October 2019



Penggunaan Komputer Dalam Pendidikan*)

Dalam masyarakat yang semakin teknologis, komputer mencakup banyak aspek budaya dalam kehidupan kita sehari-hari. Memiliki komputer di kelas merupakan bukti transformasi cepat dalam pendidikan melalui teknologi komputer. Sementara pelajar menggunakan komputer dengan cara yang berbeda di kelas mereka. Perangkat tersebut menyediakan sejumlah kesempatan pendidikan, termasuk penggunaan dalam pengembangan kurikuler, penelitian, pencatatan, pelatihan melek komputer, pemrosesan data dan presentasi.
Instruksi Berbasis Komputer
Computer-Based Instruction (CBI) mengacu pada metodologi pengajaran yang menggunakan komputer sebagai elemen kunci dari transmisi informasi. Misalnya, komputer dapat digunakan untuk menyajikan konten dan rencana pelajaran kepada siswa dalam format multimedia yang lebih menarik atau digunakan dalam pengambilan contoh untuk menyederhanakan penilaian dan evaluasi.
CBI sangat berguna di kelas dengan tingkat partisipasi tinggi dan kelompok kebutuhan khusus yang mempertemukan siswa dengan berbagai kompetensi mental, fisik dan perilaku, karena aplikasi komputer dapat disesuaikan dengan gaya dan langkah pembelajaran yang berbeda ketika instruktur tidak dapat memberikan perhatian individual kepada masing-masing mahasiswa.
Penelitian dan Komunikasi
Komputer yang disediakan di ruang kelas tersebut, siswa dapat menggunakannya untuk mengumpulkan informasi dan mengakses bahan referensi, memperkaya konten yang disajikan di kelas dan memfasilitasi akses siswa terhadap informasi. Koneksi internet juga menyediakan metode komunikasi cepat melalui email, papan pesan dan program obrolan, yang memungkinkan guru untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua atau siswa berkomunikasi dengan siswa lain selama proyek kelompok.
Pengolahan Data dan Presentasi
Bahkan tanpa koneksi internet, kekuatan pemrosesan komputer membantu siswa mengatur data di spreadsheet atau database dengan cepat dan melakukan perhitungan dan pemodelan data dasar. Memindahkan data ke format presentasi visual, siswa juga dapat mempersiapkan presentasi digital untuk instruktur dan rekan sekelas lainnya. Guru dapat menggunakan program yang sama untuk pengembangan dan mengatur informasi tentang nilai, partisipasi dan kehadiran.
Tidak seperti format kertas, file digital lebih mudah untuk diedit dan dipindahkan, sehingga memudahkan komunikasi antara guru, siswa dan orang tua dan menghemat waktu saat guru memperbarui materi kelas mereka.
Pendidikan Literasi Komputer
Di luar kontribusi yang diberikan komputer pada kurikulum tradisional – membuat pelajaran sejarah lebih menarik atau tata bahasa lebih dipersonalisasi. Belajar bagaimana menggunakan dan memanipulasi aplikasi komputer adalah tujuan komputasi pendidikan itu sendiri. Dengan dunia dan pasar kerja yang semakin menuntut keterampilan komputer, siswa yang belajar menggunakan perangkat sejak usia dini memiliki keunggulan pribadi dan profesional yang ditandai.

LKP IMBIA

Menyelenggarakan Kursus Komputer  KLASIKAL /PRIVAT
  DESAIN GRAFIS
  TEKNISI KOMPUTER DAN LAPTOP
  DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM
  APLIKASI PERKANTORAN

SEGERA DATANG atau  HUBUNGI KAMI :
Jl. . Godean KM 7,5 Perum Munggur 3 No 11, Bantulan Godean Sleman.
089506388946 (WA)
085729848271 WA)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. KURSUS JOGJA IMBIA - All Rights Reserved