Macam Macam Virus Komputer (1)

Sunday 15 September 2019


MACAM MACAM VIRUS KOMPUTER*)

1. Virus Trojan

Virus trojan adalah macam jenis nama virus komputer yang dibuat untuk tujuan mencuri data dan mengendalikan data yang ada di dalam komputer. Pada dasarnya trojan bukan sejenis virus, namun karena sifat trojan ini sangat menganggu maka orang-orang termasuk dalam golongan virus komputer. Untuk itu anda harus waspada akan keberadaan virus trojan ini.
Lokasi penyebaran yang utama yaitu akses yang terhubung ke internet, seperti email dan data pribadi yang tidak dipassword. Untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan antivirus khusus untuk trojan, seperti Trojan remover dan Trojan hunter.

2. Virus Worm

Virus worm adalah sejenis program yang dapat menggandakan diri. Secara umum worm tidak menginfeksi virus, namun keberadaannya cukup berbahaya dimana worm mampu menggandakan diri dengan cepat sehingga apabila  komputer yang terserang worm dalam waktu cukup lama, dapat membuat sistem komputer menjadi rapuh. Dimana worm ini akan memenuhi data dalam memori dan hardisk komputer.
Lokasi penyebarannya melalui email dan jaringan internet. Sedangkan untuk mengatasinya bisa menggunakan antivirus biasa. Jika menggunakan antivirus pro malah lebih optimal hasilnya.

3. Memory Resident virus

Memory Resident Virus, seperti namanya macam jenis nama virus komputer ini dibuat untuk menginfeksi RAM. Dengan kata lain, virus ini berada di dalam memori komputer. Memory Resident Virus biasanya akan aktif jika sistem operasi komputer dinyalakan.
Keberadaan virus ini akan mengganggu program komputer yang seharusnya berjalan secara normal. Efek yang ditimbulkan dari keberadaan memory resident virus yaitu akan membuat sistem operasi komputer menjadi lemot.

4. Web scripting virus

Seperti namanya web scripting virus adalah sebuah kode program yang digunakan untuk mempercantik konten dalam website. Namun kode inilah yang justru akan mengganggu program, biasanya virus ini akan muncul saat terhubung internet.
Untuk sistem proteksi bisa dilakukan dengan menginstall Microsoft tool bawaan windows. Lakukan scan secara teratur menggunakan aplikasi ini.

5. Multipartite virus

Seperti memory resident virus dimana macam jenis nama virus komputer ini bersembunyi dalam RAM yang nantinya akan menginfeksi  sistem operasi tertentu kemudian menginfeksi hardisk. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan adanya bad sector dan lakukan disk defragmenter (jika menggunakan OS windows).
*)sumber :https://blog.dimensidata.com

LKP IMBIA
Menyelenggarakan Kursus Komputer  KLASIKAL /PRIVAT
  DESAIN GRAFIS
  TEKNISI KOMPUTER DAN LAPTOP
  DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM
  APLIKASI PERKANTORAN

SEGERA DATANG atau  HUBUNGI KAMI :
Jl. . Godean KM 7,5 Perum Munggur 3 No 11, Bantulan Godean Sleman.
089506388946 (WA)
085729848271 WA)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. KURSUS JOGJA IMBIA - All Rights Reserved