INTERNET DI MASA YANG AKAN DATANG !!!

Tuesday 25 February 2020

9  tahun yang lalu, Cisco –sebuah perusahaan telekomunikasi dunia- meramalkan jika sosial media akan semakin menjamur. Tidak perduli jarak, dengan sosial media manusia dapat saling berinteraksi dan terhubung. Dan, prediksi tersebut 100% benar. Tujuh media sosial dimulai dari facebook, twitter, instagram, path, pinterest , Linkeld merajai dunia digital. Lalu lintas di dunia maya juga tidak kalah sibuknya dengan dunia nyata. Jutaan tweet dan postingan muncul setiap detik. Yah, internet menjadi hal yang tidak pernah  bisa dilepaskan dari kehidupan manusia.

Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dari internet. Para pengguna instagram contohnya. Mereka tidak lagi hanya sekedar posting foto-foto selfie. Tapi pundi-pundi uang juga mulai mengalir ke kantong berkat instagram. Sekarang, manusia juga mampu membuat system clouding. Sebuah system yang memungkinkan manusia menyimpan datanya dengan bantuan internet. Sharing video, lagu dan film juga semakin massive. Pada tahun ini unduhan film dan peer-to-peer file sharing akan melonjak sampai 100 exabyte. Wah, kira-kira bagaimana dengan perkembangan internet 10 tahun ke depan ya?



1. Internet sepenting dan seurgent listrik

Di masa depan, kebutuhan internet akan diprediksi selevel dengan kebutuhan akan listrik. Internet semakin mudah di akses, tidak membutuhkan banyak perangkat dan keberadaanya sangat vital. Berbagai alat telekomunikasi mulai menggunakan internet sebagai sarana. Secara fisik, mereka akan semakin minimalis dan mendekati invisible.



2. Internet Akan Semakin Cepat

Selama 10 tahun ke depan, kecepatan internet akan mencapai 20 kali lebih tinggi dari saat ini. Prediksi ini dirasa akan kembali menjadi kenyataan karena dunia sudah mulai mengembangkan 4G LTE. Sebuah teknologi dengan kecepatan download mencapai 300 Mbps.


3. Dunia mempunyai PC secanggih otak manusia

Pada tahun 2020, PC seharga $1.000 akan memiliki kemampuan memproses setara dengan otak manusia. (Sources: Hans Moravec, Robotics Institute, Carnegie Mellon University, 1998; Cisco IBSG, 2006-2009

Pada tahun 2030, Kemampuan memproses PC seharga $1.000 akan seimbang dengan kemampuan otak sekampung manusia. (Sources: Hans Moravec, Robotics Institute, Carnegie Mellon University, 1998; Cisco IBSG, 2006-2009).






4. Kemampuan Menyimpan Data Semakin Besar

Pada tahun 2020 di seluruh dunia, masing-masing orang rata-rata akan menyimpan data pribadi sebesar 130 terabyte (hari ini rata-rata sebesar 128 gigabyte). (Source: Cisco IBSG, 2009)





5. WOW.. Teleportasi mulai terwujud

Pada tahun 2025, teleportasi pada tingkat partikel akan mulai terealisasi. (Source: Cisco IBSG, 2009)




Nah, apakah kamu ingin menjadi salah satu engineer yang mengembangkan seluruh teknologi anyar tersebut. Atau setidaknya menjadi seorang pengguna yang atif dan memanfaatkan teknologi dengan bijak.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. KURSUS JOGJA IMBIA - All Rights Reserved