Tips Menghindari Walware Saat Sedang Bekerja Dirumah

Wednesday 18 March 2020



Jakarta, CNN Indonesia -- Penyebaran wabah virus corona (SARS-CoV-2) membuat pemerintah mengimbau agar masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah. Pemerintah pun mengimbau penerapan konsep kerja dari rumah (work from home/ WFH).

Pakar keamanan siber dari CISSRec Pratama Persadha menyarankan agar pekerja berhati-hati terhadap virus atau malware karena menerapkan konsep WFH.

Berikut beberapa tips yg bisa dilakukan apabila kita ingin terhindar dari malware atau virus :

1. Pasang Anti Virus dan Firewall
Pekerja disarankan memasang anti virus di komputer maupun ponsel. Tak hanya itu, basis data virus haru tetap diperbarui.
Pekerja pun disarankan secara rutin memindai dan membersihkan komputer atau perangkat dari malware, virus dan file-file sampah. Selain membuat bersih juga membuat kinerja perangkat bertambah kencang.
Pekerja juga disarankan menggunakan dan mengaktifkan aplikasi firewall yang sudah ada di komputer kita. Hal ini dilakukan untuk memantau koneksi aneh yang masuk atau keluar dari perangkat.

2. Rutin Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi
Pekerja disarankan untuk memperbarui sistem operasi dan aplikasi-aplikasi yang  digunakan dengan patch terbaru. Hal ini dilakukan agar sistem dan aplikasi mendapat pembaruan keamanan dari virus.

3. Jangan Unduh Aplikasi Sembarangan dan Program Bajakan
Pekerja disarankan agar jangan mengunduh aplikasi dari pihak ketiga yang belum jelas keamanannya. Biasanya komputer atau ponsel akan memberi peringatan apabila pekerja mengunduh dari sumber yang tidak terpercaya.
Pekerja juga disarankan menghindari instal program bajakan, biasanya banyak disusupi malware di dalamnya.

4. Jangan Buka Email Sembarangan
Jangan membuka email sembarangan dari orang yang tidak dikenal. Apalagi apabila ada tautan file dengan format  exe atau vbs. Bisa jadi file itu malware atau email phising.

5. Hindari Buka Situs Web Ilegal dan Unduh File Sembarangan
Jangan membuka situs web yang biasanya disusupi banyak malware. Situs-situs web tersebu di antaranya adalah situs porno, situs software bajakan hingga situs judi.
Pekerja juga disarankan berhati-hati ketika mengunduh file atau menonton film streaming ilegal. Sebab aktivitas tersebut bisa membuat perangkat terinfeksi malware.

6. Jangan Sembarangan Colok Flashdisk
Pekerja juga disarankan jangan sembarangan memasukkan flashdisk yang rawan malware. Jangan sampai malware dan virus di flashdisk malah terunggah ke sistem kantor.

7. Hindari Akses Wifi Publik
Jangan mengakses internet dari Wifi publik untuk menjaga keamanan aktivitas internet kita. Terutama ketika mengakses informasi yang cukup rahasia, misalnya transaksi bank atau kantor kita.

8. Gunakan Kata Sandi yang Kuat
Sebagai tambahan untuk menjaga akun-akun internet, pekerja bisa menggunakan kata sandi sesuai standar keamanan yang ada. Standar tersebut mencakup kata sandi yang berisi minimal 8 karakter, ada huruf besar, huruf kecil, tanda baca, dan simbol.



Seperti Yang Tertulis Pada cnnindonesia.com


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. KURSUS JOGJA IMBIA - All Rights Reserved